Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

booked.net

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Artificial Intelligence (AI) Dalam Konspirasi Dunia

Senin, 21 Agustus 2023 | Agustus 21, 2023 WIB Last Updated 2023-08-22T05:34:58Z

Foto : Istimewa

Oleh : Hendra Amarullah (Peserta Advance Training Badko HMI Sultra)


Kecerdasan buatan (AI) adalah teknologi penting untuk pemikiran konspirasi. Ini cocok dengan stereotip pemicu plot dalam beberapa cara.


Apayang kami ketahui dan tidak ketahui tentang AI Sebagai permulaan, AI dapat memberi tahu Anda apa yang menurutnya akan terjadi, tetapi tidak dapat menjelaskan mengapa menurutnya apa yang dipikirkannya. Ini karena banyak algoritme yang mendukung AI dirancang untuk membuat prediksi atau mengidentifikasi hubungan berdasarkan data yang ada, artinya model memberikan korelasi, bukan sebab-akibat.


Kesenjangan besar dalam pemahaman kita tentang bagaimana AI memberikan jawaban atas permintaan kita adalah jenis kesenjangan naratif yang dapat diisi oleh teori konspirasi.


Selain itu, model bahasa besar yang mendukung sistem AI baru seperti ChatGPT memberikan hasil yang sangat menarik dan mudah dipahami. Ketikaseseorang mempertanyakan alat ini, itu menggabungkan sejumlah besar informasi dan menghasilkan hasil yang disederhanakan yang tampak logis. Karena hasilnya canggih dan dikirimkan kepada kami dengan suara yang sama seperti milik kami, orang-orang percaya bahwa klaim AI itu benar.


Hal yang sama berlaku untuk teori konspirasi yang menghadirkan berbagai peristiwa yang dikemas dalam cerita yang cerdas. Mereka melakukan semua pekerjaan berat yang tidak dibutuhkan pemikiran kritis. Kami hanya bisa duduk dan percaya.


AI dan teori konspirasi juga memiliki asal usul yangsama, sekarang dianggap dipertanyakan: elit dan institusi elit. Sebagian besar AI dan algoritme, setidaknya untuk saat ini, dikembangkan oleh Big Tech dan sering digunakan oleh perusahaan atau pemerintah yang sama.


Jika memercayai teori konspirasi mengharuskan memercayai para konspirator, organisasi yang kuat ini menjadi target yang rentan.


Juga mudah untuk membayangkan bagaimana keyakinan konspirasi AI dapat dipersenjatai. Korporasi atau lawan geopolitik dapat menggunakan propaganda untuk menyebarkan informasi atau desas-desus yang salah, sehingga merusak kepercayaan terhadap penerapan AI. Orang jahat yang sama inilah yang dapat menyesuaikan teori konspirasi potensial (PDF) dengan apa yang dianggap paling mengancam oleh kelompok tertentu dan oleh karena itu paling kredibel.


Kebenaran Tentang Kecerdasan Buatan Semua teori konspirasi seputar AI berbahaya u ntuk diabaikan. Namun ada langkah-langkah yang lebih dari sekadar memberikan perhatian yang lebih baik.


Jika anda tidak ingin orang percaya bahwa ada sesuatu yang salah, menunjukkan kepada mereka apa yang benar dapat membantu. Orang lebih cenderung menerima pengetahuan ilmiah sebagai fakta ketika mereka tahu ada konsensus ilmiah. Kisah-kisah tandingan faktual AI yang mendalam akan menjelaskan alasan mengapa ia rentan terhadap teori konspirasi dan memutarbalikkan alasan tersebut di kepala mereka.


Alih-alih narasi AI yang dikendalikan oleh entitas swasta, kisah perkembangannya dapat dibingkai serupa dengan teknologi transformatif lainnya seperti komputer pribadi, yang mendemokratisasi hak kita untuk mengakses informasi ketika lebih mudah diakses oleh publik.


Alih-alih AI menghasilkan informasi yang salah atau penyensoran online, algoritme hanya dapat merefleksikan diri kita sendiri, membuat apa yang ingin kita lihat muncul.


Cerita tandingan ini dapat mendukung pesan yang mengatasi dampak misinformasi pada sikap dan keyakinan orang. Orang mungkin memiliki berbagai kekhawatiran atau kurangnya informasi tentang penerapan AI tertentu, seperti pengenalan wajah di stadion atauterapis chatbot. Kampanye perpesanan dapat membantu menjelaskan bagaimana AI digunakan dalam kasus ini, termasuk data apa yang dikumpulkan, untuk tujuan apa, dan oleh siapa.


Pesan-pesan ini harus menekankan persetujuan publik dan ilmiah, untuk memastikan keefektifannya bagi orang-orang dengan pandangan dunia atau kecenderungan ideologis yang berbeda. Pemberitahuan harus tepat waktu, seperti memberikan peringatan bila terkena informasi yang salah dan terus menghapus informasi yang salah.


Sekaranglah waktunya untuk melakukannya, sebelum teori konspirasi mengambil alih. Bagian pentingdari mempersiapkan penerapan cerita belakang ini adalah bekerja melalui emosi yang gelisah yang dapat dipicu oleh keyakinan konspirasi.


Teori konspirasi dianggap mengarah pada insiden kekerasan. Kekerasan, seperti teori konspirasi, bisamenular. Tapi terlalu sering, debat politik dan akademik yang kering tentang AI dan sains tidak sesuai dengan apa yang didengar publik tentang pembunuh hipotetis AI, atau algoritme yang mendukung minoritas atau suara konservatif.


Peneliti dan pengembang harus bekerja untuk memastikan alat AI tidak menyebabkan kerusakan yang tidak semestinya, lalu jelaskan kepada kami apa yang mereka lakukan. Orang-orang yang bertindak atas nama orang lain, termasuk pengasuh dan kelompokadvokasi, perlu memikirkan cara mempromosikan informasi yang akurat dan membantu orang berpikir kritis tentang apa yang mereka lihat dan bagikan secara online.


Di masa depan, ahli teori konspirasi tidak mungkin membelokkan skenario yang paling mungkin di mana AI akan membentuk masyarakat secara mendalam, berdasarkan apa yang dapat dan telah dilakukannya. . Meski begitu, penggunaannya yang bermanfaat mungkin dibatasi oleh keyakinan konspirasi yang menghalangi pengadopsiannya atau menargetkan mereka yang menyebarkannya. Dan biaya sosial dapat meningkat karena orang rentan atau bersedia bertindak berdasarkan narasi palsu.


Oleh karena itu, puncak skala mungkin bergantung pada kemampuan kita untuk melawan teori konspirasi ini, setidaknya sampai AI menjadi sadar diri dan mulai menyelesaikan masalahnya sendiri, membuktikan bahwa setiap orang yang percaya pada teori konspirasi benar.

×
Berita Terbaru Update