Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

booked.net

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemimpin Hebat Lahir Dari Demokrasi Yang Rasional

Senin, 21 Agustus 2023 | Agustus 21, 2023 WIB Last Updated 2023-08-22T05:49:28Z

Foto : Istimewa

Oleh : Apri Dirja Saputra (Peserta Advance Training Badko HMI Sultra)


Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana kekuasaan politik dipegang oleh rakyat melalui pemilihan umum. Ini adalah bentuk pemerintahan yang mendasarkan legitimasinya pada suara mayoritas. Sistem pemilu adalah salah satu elemen kunci dalam demokrasi yang memungkinkan rakyat untuk memilih wakil mereka dalam pemerintahan.


Demokrasi memiliki banyak kelebihan. Pertama, ia memberikan rakyat kontrol atas pemerintahan mereka, memungkinkan partisipasi politik, dan mempromosikan kebebasan berbicara dan ekspresi. Demokrasi juga cenderung menciptakan stabilitas politik karena pemimpin yang dipilih secara demokratis lebih mungkin menerima dukungan publik.


Namun, demokrasi juga memiliki tantangan. Sistem pemilu bisa menjadi rumit dan mahal. Selain itu, ada risiko populisme dan ketidakstabilan politik jika pemilihan dipengaruhi oleh retorika emosional daripada pemikiran rasional. Selain itu, demokrasi tidak selalu menjamin perlindungan penuh terhadap hak-hak minoritas, dan kepentingan kelompok minoritas dapat terabaikan.


Secara keseluruhan, demokrasi dan sistem pemilu adalah fondasi penting dalam banyak negara, memungkinkan partisipasi rakyat dalam pembentukan pemerintahan mereka. Namun, mereka juga memerlukan perhatian konstan dan pemantauan untuk memastikan bahwa mereka berfungsi secara efektif dan adil.


Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi yang akan dirasakan seluruh elemen masyarakat. Tentunya, sebagai pemilih dalam masyarakat harus mempersiapkan diri untuk mengeluarkan hak suaranya untuk kelanjutan estafet kepemimpinan di negara Kesatuan republik Indonesia. 


Tetapi dalam hal ini sebagai pemilih yang cerdas sebaik mungkin kita harus menganalisis mengenai sistem pemilu dan penerapannya agar pemilu 2024 berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai asas kepemiluaan dan UU No 7 Tahun 2017.


Dalam Sistem Pemilu, kita telah menyaksikan demokrasi dalam tindakan, di mana rakyat Indonesia berpartisipasi secara aktif dalam proses pemilihan pemimpin mereka. Saat ini, saat kita menutup babak ini, mari kita bersatu sebagai satu bangsa, terlepas dari perbedaan politik kita, untuk membangun masa depan yang lebih baik bersama-sama. 


Semoga pemimpin yang terpilih dapat memimpin dengan bijaksana dan melayani kepentingan seluruh rakyat Indonesia. Mari kita jaga persatuan, keadilan, dan kemajuan negara kita.

×
Berita Terbaru Update